Iklan

Thursday, November 01, 2007

From the hidden paradise

Baru kembali ke dunia nyata hehe...pulang dari hidden paradise, tempat gak ada sinyal HP, telepon, internet, listrik, (eh ada jenset ding! hanya kalo malam jam 6-12). Aku malah merasa nyaman, damai tentram. Gak ada yg nyari-nyari (nagih hutang kerjaan!rolleyes) Memang awalnya merasa ada yang kurang gak ada lelaki-lelaki rese kesayanganku itu. Tapi gak papalah sesekali terbebas dari keisengan mereka. Ya gak Nay! Itulah mengapa aku jarang update friend! hihihi padahal biasanya juga jarang biggrin Mohon maap belum sempat kelayapan ke blog kalian semua.

Camp-ku; Conservation Response Unit
Mulai Oktober, aku memasuki tahapan uji coba di bidang baru, education and awareness, otomatis mulai kerja di kantor dan lapangan. Sebenarnya sudah lamaaa banget 'gatal' kakiku mau kerja di lapangan. Dulu saat masih di Aceh ditawari posisi yg sama, tapi mobile-nya 90%, aku malah akhirnya menolak dengan bahagia, dilema seorang Ibu--pilih keluarga terlantar? Sekarang situasinya beda, aku bisa bawa Naysa kemanaku pergi, Ufi, Uqan n Abang sudah mandiri (hehe biasalah justifikasi!).

Berangkat dari Medan bareng temanku Wibi dari FFI-AP, Wandi FFI-IP bawa mitra nya dari INTI dan Pandita Buddha Dharma Jakarta, senang kenal kelompok Tionghoa pencinta lingkungan juga. Mereka betah banget sampai memperpanjang liburannya. Tiga hari di Camp-ku, kerinduan hampir dua tahunan nggak ketemu Olive, Sari, Theo, Ardana, dll (7 gajah sexy), tim-ku, dan hutan Tangkahan tentunya bisa dipuaskan. Dengan teman-teman sih sering juga ketemu karena mereka kadang ke Medan dan komunikasi via radio (kalau lagi beruntung bisa nyambung, atau nelpon dari bukit tertentu yg ada sinyal).

Nay dan Kak Yul
Waktu hamil Nay 2 bulan aku pernah offroad ke Calang. Setelah itu kapok, nggak berani menanggung resiko untuk titipanNya, barulah sekarang aku berani membawanya ke hutan mengenal 'dunia lain' Ibunya. Lumayan jalan ke Tangkahan tak lagi rusak berat seperti biasanya, sebagian besar sudah 'mulus' (kayanya sih karena mau pilkada...oo...kamu ketahuan diam-diam kampanye...)

Inilah kerjaan yang bikin aku happy, dapat bonus mandi di sungai bareng teman-teman gajah, udara yang sejuk, nyanyi rimba, air yang jernih, dll...Walau Sungai Batang Serangan agak keruh karena sering hujan, menandakan ada erosi di hulu. Tapi Sungai Buluh tetap jernih.

Sayang kali ini aku nggak sempat masuk jauh ke hutan. Aku punya agenda bincang-bincang dengan rangers lokal, diskusi dg tim-ku, persiapan satu bulan ke depan membuat beberapa program dengan rekan dari Melbourne Zoo. Rencana mau bikin pelatihan untuk penjaga hutan swadaya yg digagas masyarakat Tangkahan, desa kecil di Kabupaten Langkat, berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Mereka adalah bekas illegal loggers yang berubah haluan, mendirikan Tangkahan Simalem Rangers. Insya Allah bulan Desember nanti kami akan mengirim 4 pawang ke Australia termasuk Rutkita ini untuk berbagi dan bertukar ilmu seputaran konservasi gajah dan habitatnya. Aku juga ketemu beberapa KepSek SD mau bikin pelatihan guru, mau bikin rumah pohon untuk pengamatan satwaliar di tengah rimba, mau bikin kebun buah dan rumput untuk gajah dan lahan praktek anak sekolah, mau ini, itu, anu, ene, hehe sangking semangatnya! rolleyesbiggrin

Mandiin Sari, *gajah mandiin gajah*
Hal yang paling berkesan bagiku kali ini adalah bertemu pengendara-pengendara tangguh yang mendayung sepeda dan mengendarai sepeda motor melewati ratusan kilometer untuk berjualan ke kampung-kampug terpencil, beberapa kali aku bertemu mereka; ada yang bawa telur, es krim, rumput, kerupuk...Aku terharu, terutama yang bawa es krim, sedih aku melihatnya, lagi musim hujan, desa sepi-- "Siapa yang beli ya?" tanyaku dalam hati, ah kutepis lagi: "tahu apa aku tentang dia?" Tuhan memberi rezeki dan kebahagiaan pada orang-orang yang menjemputnya...Standar siapa kebahagiaan itu adalah materi? Kadang kita terperangkap dalam gaya hidup kota yang didominasi oleh materialisme, konsumerisme...dunia yang dikuasai kapitalis, ah aku tersenyum membayangkan suatu kehidupan damai yang sering kupikirkan, di desa, dengan udara yang segar, rumah yang nyaman meskipun sederhana...
diskusi di camp







Foto lain ada di sini

12 comments:

Vie said...

Masih ada lowongan gak Meiy buatku kerja masuk keluar hutan? Hehehe...

Aku paling suka kehidupan dialam liar seperti itu. Ibarat hidup disurga dunia.
Dek Nay udah dikenalin dr usia dini dengan lingkungan, thumbs up Meiy!

Anonymous said...

pengen naik gajah...

ih tapi seremmmm. kalo gajahnya ga suka sama gw, gimana? hiyyyy...

ichal said...

iri banget bisa masuak rimbo!!!, bilolah bisa ajak2 awak ni, jadi asisstant uni??

naik gajah pengennnnnn!!!

Anonymous said...

pengen sih naik gajah...tapi gak ada pegangannya kayak kuda sih...takut jatuh......

Anonymous said...

wuihh...maen ma gajah. ini baru perempuan perkasa, maennya aja ma bayi...tapi bayi gajah!

Putirenobaiak said...

vie: ada vie, tapi so pasti jadi relawan! no fee hehe...ayo gabung asyik lo

venus: asal kamu suka, dia pasti suka, gajah gak pernah lupa, kalau kamu sayang, tar kalo ketemu lagi brp thn kemudianpun dpt big hugs deh

ichal: ayo cal, jd relawan ok?

endang: utk wisatawan ada pelana yg nyaman ko ndang, ada mahout/pawang yg jaga, mudah2an aman!

Yati: hehe sok gagah perkakas yat :D padahal aku teriak2 sama pawang jangan jauh2. lha gajahnya gak mau dengar perintahku. utk jadi pawang harus stay di camp minimal 6 bulan, utk bisa lepas sendiri, bisa bertahun2, ngumpulin kotoran tiap pagi, ngasih makan, mandiin, ngangon, dsb...

Anonymous said...

sama kayak venus, pengeeeeennn.

suatu saat aku pasti mampir, meiy.

unai said...

Wah kalo aku diajak ke sana pati betah deh Ni..pingin jugak mandiin gajah..ajak ke sana dong Ni

angin-berbisik said...

saya jatuh cinta ama alam liarnya....juga gajahnya....hehehe

Anonymous said...

aku pengen kesanaaaa gimana caranya...ajak2x donk..duh itu sungai..pengen nyemplung

Anonymous said...

World Of Warcraft gold for cheap
wow power leveling,
wow gold,
wow gold,
wow power leveling,
wow power leveling,
world of warcraft power leveling,
world of warcraft power leveling
wow power leveling,
cheap wow gold,
cheap wow gold,
buy wow gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
world of warcraft gold,
wow gold,
world of warcraft gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold
buy cheap World Of Warcraft gold t3g6p7ii

Anonymous said...

wow gold
wow gold
wow gold
wow gold
wow power leveling
wow power leveling
wow power leveling
wow power leveling
World of Warcraft Gold
wow gold
wow power leveling
wow gold
wow gold
wow gold
wow power leveling
wow power leveling
Rolex Replica
rolex
Rolex Replica
rolex
Rolex
租房
租房
北京租房
北京租房
changyongkuivip